Minggu, 18 Desember 2011

Drama Korea Paling Populer Tahun 2011

1. Boys Before Flowers
   
Siapa yang gak kenal sama drama korea yang satu ini? Pasti gak ada kan..... Pemainnya ganteng + cantik semua! Drama korea yang diadaptasi dari manga hana yori dango, dengan genre romantis ini sangat terkenal di indonesia, malaysia, dan filipina. Dengan 25 episode
Alur :
Geum Jan Di (Koo Hye Sun) adalah seorang gadis yang berasal dari keluarga biasa yang memiliki toko laundry yang terletak di dekat sekolah Shin Hwa, sekolah paling bergengsi di Korea Selatan. Awal cerita dimulai ketika Jan Di hendak mengantarkan laundry milik salah seorang siswa Shinhwa, ternyata laundry itu milik siswa yang akan bunuh diri karena stress mendapat bullying dari F4. Secara kebetulan Jan Di menolong anak itu. Tindakannya segera menjadi perhatian publik dan menyulut kemarahan publik terhadap Shin Hwa. Untuk menenangkan kemarahan publik, Jan Di ditawari beasiswa renang untuk dapat bersekolah di Shinhwa, awalnya ia menolak namun akhirnya menerima setelah keluarganya memaksanya.
Selama hari pertama di Shinhwa. Jan Di mencoba untuk menghindari konfrontasi dengan F4, karena dia tahu apa yang terjadi pada mereka yang berani menentang F4. Gu Jun Pyo (Lee Min Ho), Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum), dan Song Woo Bin (Kim Joon) adalah anak-anak paling kaya dan paling berkuasa di sekolah Shinhwa dan di Korea Selatan. Mereka menggunakan kekuasaan untuk meneror siswa lemah atau orang-orang yang tidak suka pada mereka. Jan Di, alih-alih terkesan, menjadi marah dan muak terhadap F4 terutama kepada Gu Jun Pyo, pemimpin dan inisiator dari banyak tindakan bullying. Keberaniannya bangkit ketika seorang teman, Oh Min Ji, tidak sengaja menumpahan es krim pada sepatu Jun Pyo dan Jun Pyo menuntut gadis itu untuk menjilati sepatunya. Jan Di membela temannya dengan menggantikan Min Ji untuk menjilati sepatu Jun Pyo. Dengan berpura-pura menjilat, Jan Di membungkuk lalu melemparkan es krim di wajah Jun Pyo. Marah karena hal ini, Gu Jun Pyo menyatakan perang terhadap Jan Di dan menyuruh siswa lain untuk mengerjai Jan Di. Jan Di, mencoba bertahan, menolak untuk meminta maaf kepada Gu Jun Pyo, dan berdiri dengan keputusannya untuk melawan dia.
Sahabat terbaik Jan Di, Ga Eul (Kim So Eun) sering menemukan dirinya di tempat yang sama dengan Yi Jung. Suatu hari, Yi Jung menemukan Ga Eul menangis setelah ia dicampakkan pacarnya.Yi Jung mengajak Ga Eul ke sebuah klub malam di mana mantan pacar Ga Eul sering terlihat. Yi Jung pura-pura jatuh cinta dengan Ga Eul untuk membuat cemburu mantan pacarnya. Setelahkejadian ini, Ga Eul jatuh cinta pada Yi Jung. Pada Hari Valentine, dia menunggu di luar rumahnya, untuk memberinya coklat. Yi Jung datang dengan dua orang gadis dan menolak coklat pemberian Ga Eul. Ketika Ga Eul marah, Yi Jung mengingatkan bahwa mereka di klub malam itu hanya bersandiwara, dan itu bukan salahnya jika Ga Eul menganggap itu serius.
Menganggu Jan Di terus menerus malah membuat Gu Jun Pyo jatuh cinta pada gadis itu. Dengan segala cara Jun Pyo berusaha mendekati Jan Di. Ketika cinta mulai mekar di antara Jan Di dan Jun Pyo, ibu Jun Pyo mengetahui hubungan mereka dan tidak menyetujui hubungan keduanya. Dia melakukan segala cara untuk membuat mereka berdua berpisah, bahkan mengatur perkawinan bagi Jun Pyo dengan gadis lain. Para anggota F4 lainnya dan Ga Eul mencoba untuk menyatukan mereka kembali. Sampai akhirnya Gu Jun Pyo melamar Jan Di.
Pemeran :,/div>
  • Koo Hye Sun sebagai Geum Jan Di. Geum Jan Di adalah gadis pertama yang berani melawan pemimpin F4 Jun Pyo, dan gadis pertama yang mendapatkan Kartu Merah. Melalui ini, jalinan cerita membuat ia jatuh cinta dengan Ji Hoo dan kemudian Jun Pyo, serta F4 menjadi teman-teman dekatnya.
  • Lee Min Ho sebagai Gu Jun Pyo. Gu Jun Pyo adalah pemimpin F4 dan pewaris Group Shinhwa, perusahaan yang paling kuat di negeri ini. Sewaktu di SMA, ia bertemu Jan Di dan terpana oleh keberanian Jan Di. Meskipun pada awalnya bertekad untuk membuat hidupnya sengsara, ia jatuh cinta padanya.
  • Kim Hyun Joong sebagai Yoon Ji Hoo. Yoon Ji Hoo adalah anggota F4 yang paling tenang, sangat mahir bermain biola, gitar dan piano. Ia adalah cucu mantan presiden Korea. Dia juga pesaing utama Jun Pyo untuk mendapatkan Jan Di, tetapi dia merelakannya karena dia menghargai persahabatan dengan Jun Pyo.
  • Kim Bum sebagai So Yi Jung. Yi Jung berasal dari keluarga seniman terkenal dan merupakan seniman tembikar yang mempunyai reputasi sendiri, membuat debut pertamanya pada usia enam belas tahun. Keluarganya memiliki sebuah galeri seni terkenal yang merupakan harta karun nasional. Dia adalah salah satu dari dua playboy di F4.
  • Kim Joon sebagai Song Woo Bin. Song Woo Bin berasal dari keluarga yang menjalankan sebuah organisasi bawah tanah, (mafia) Ia sering terlihat bertaruh dengan Yi Jung dalam berbagai hal. Dia adalah salah satu dari dua F4 playboy. Ia juga merupakan anggota F4 yang paling kuat dan pintar beladiri.
  • Kim So Eun sebagai Chu Ga Eul. : Chu Ga Eul adalah sahabat Jan Di sejak TK. Dia dan Yi Jung terlihat selalu bersama dan bahkan membuat kencan palsu untuk membawa Jan Di dan Jun Pyo kembali.
  • Lee Yeong Shi : Oh Min Ji adalah teman pertama Jan Di ketika ia transfer ke sekolah Shinhwa, diam-diam dia memfitnah Jan Di.
  • Han Chae Young sebagai Min Seo Hyun, adalah cinta pertama Ji Hoo dan model Korea yang terkenal.
  • Jung Eui Chul sebagai Lee Ha Min / Lee Ji Ha adalah dua karakter yang dimainkan oleh aktor yang sama, pertama sebagai siswa yang ditolong oleh Jan Di, dan kedua sebagai saudara kembarnya yang dendam pada Jun Pyo.
  • Lee Min Jeong sebagai Ha Jae Kyung adalah tunangan Jun Pyo. Ia berkenalan dengan Jan Di saat di Macau.
  • Im Joo Hwan sebagai So Il Hyun. kakak Yi Jung yang membuang nama keluarganya untuk hidup normal. Dia membawa beban berat untuk meninggalkan Yi Jung.
  • Park Soo Jin sebagai Cha Eun Jae adalah cinta pertama Yi Jung. Dia adalah seorang guru di sebuah kelas tembikar di mana Ga Eul belajar, menyebabkan dia dan Yi Jung bertemu lagi setelah 3 tahun terpisah.
  • Kim Min Ji sebagai Jang Yu Mi adalah seorang gadis di rumah sakit yang sama di mana Jun Pyo dirawat, yang mengambil keuntungan dari amnesia nya.



2. Coffee Prince
Genre : Romantis, Komedi
Episode : 17
Alur :


Kehidupan Go Eun Chan ( Yoon Eun Hye ) tidak mudah; dia bekerja banyak pekerjaan untuk melunasi utang dan bahkan menyerah citra femininnya. Choi Han Kyul ( Gong Yoo ) adalah pewaris dari sebuah perusahaan makanan besar, tapi neneknya ingin dia tenang, jadi dia mengatur banyak kencan baginya. Setelah Eun Chan Han Kyul menabrak dan keliru untuk anak laki-laki, Han Kyul memutuskan untuk menyewa Eun Chan untuk menjadi kekasih gay-nya untuk menghindari tanggal diatur. Sangat membutuhkan uang, Eun Chan tidak punya pilihan selain menerima. Han Kyul nenek juga membuat Han Kyul memimpin sebuah warung kopi kotor terancam bangkrut. Eun Chan memohon untuk bekerja di kedai kopi, dan tidak lama setelah itu, perasaan mulai memicu, kecuali, Han Kyul bagaimana menerima "homoseksualitas" nya?


Pemeran :


3. Princess Hours
Genre : Romantis, Komedi
Episode : 24
Alur :
Terletak di realitas abad ke-21 alternatif di mana Korea memiliki keluarga kerajaan, sejak tahun 1945 sampai sekarang, acara ini berkisar pada kehidupan Mahkota Pangeran (Hwangtaeja) Lee Shin, dan pengantin baru, Chae-kyeong. Keluarga kerajaan yang digambarkan dalam acara ini dimodelkan setelahkeluarga kerajaan terakhir dari Korea, yang pada kenyataannya memerintah sampai awal Pendudukan Jepang pada tahun 1910 dan tidak diaktifkan kembali setelah Jepang menyerah pada Perang Dunia II, 1945.
Rangkaian off dimulai dengan berita bahwa Raja, ayah Shin, sangat sakit. Dengan pandangan suram terhadap kesehatan Raja, keluarga kerajaan mengacak untuk menemukan istri bagi Shin, sehingga memungkinkan dia untuk mengambil alih tahta kerajaan jika keadaan membutuhkan. Meskipun jatuh cinta dengan gadis lain, balerina ambisius dan berbakat Hyo-rin whom Shin awalnya usulan (dia menolak dia untuk mengejar mimpi itu balet), Shin akhirnya menikah biasa untuk siapa ia bertunangan dengan kakek akhir dalam perjanjian lama dengan kakek gadis itu. Shin kawin keras kepala tersebut atau belum dicintai Chae-kyeong setelah penolakan Hyo-rin's. Meskipun awalnya tidak ada perasaan untuk Chae-kyeong, cinta akhirnya bunga antara pasangan seiring berjalannya waktu.
Sementara itu, bagaimanapun, hal-hal yang lebih rumit dengan kembalinya Lee Yul dan ibunya Lady Hwa-Young, yang pernah menjadi Putri Mahkota (Bingoong) sebelum kematian suaminya, Pangeran Mahkota akhir, kakak arus King. Yul dan ibunya diusir dari istana beberapa waktu setelah kematian ayahnya, dan ia kemudian mengungkapkan bahwa ini karena penemuan Raja dari sebuah urusan antara ibu Yul dan Raja saat ini yang adalah saudara ayahnya lebih muda. Ibu Yul sudah kembali dengan motif jahat dalam pikiran; untuk mengembalikan anaknya kembali ke takhta, yang seharusnya pada akhirnya, jika ayahnya tidak meninggal. Serangkaian acara menimpa istana dengan skema ibu Yul melakukan, dan lebih intensif oleh skandal yang melibatkan keluarga kerajaan, yang termasuk hubungan Shin terus dengan api rin lamanya Hyo-, dan kasih tunas Yul mengembangkan untuk Chae-kyeong, pengantin sepupunya yang baru-ditemukan. Hal-hal yang keluar dari tangan dan banyak insiden terjadi.
Shin kunjungan Thailand. Hyo-rin bertemu di sana dan meminta dia untuk membawanya ke bandara, menjebaknya untuk kencan.
Pemeran :

Shin Chae-Kyeong ( 신채경 )

Digambarkan oleh Yoon Eun Hye, Shin Chae-kyeong adalah seorang gadis sekolah yang sangat kreatif dan keluar, normal tinggi. Dia menghadiri sekolah yang sama sebagai Lee Shin, Pangeran Mahkota Korea. Kakeknya adalah bersahabat dengan Raja sebelumnya. Untuk menghormati temannya, Raja sebelumnya menentukan bahwa Chae-kyeong adalah menjadi Putri Mahkota, yang berarti bahwa dia menikah dengan siapa pun adalah Pangeran Mahkota pada saat perkawinan (Lee Shin). Meskipun ia sering tampak belum matang dan menjengkelkan, dia adalah, baik hati tidak bersalah, orang jujur. Sering disebut "Pig" oleh adiknya, mdnikah Chae-kyeong pangeran karena janji yang dibuat antara kakek dan Shin. Reaksi awal nya untuk Lee Shin adalah salah satu iritasi tapi ia jatuh cinta dengan dia di bagian awal dari seri, tidak tahu bahwa dia, dalam kembali, merasakan hal yang sama, sampai beberapa episode terakhir. Meskipun ia menganggap Lee Yul hanya sebagai teman dan sepupu-di-hukum, ia jatuh cinta dengan dia.

Lee Shin ( 리 신 )

Putra mahkota Korea, Lee Shin, seperti yang digambarkan oleh [[model (orang) |] model] dan aktor Joo Ji Hoon, dipandang sebagai orang, puas acuh tak acuh, muda tidak sensitif. Setelah mendapatkan ditolak oleh pacarnya ketika ia mengusulkan padanya, ia memutuskan untuk pergi bersama dengan pernikahan orang tua nya diatur dengan Shin-kyeong Chae. Pada awalnya, dia jengkel oleh kenaifan dan antusiasme, tetapi karena ia menyadari betapa benar-benar manis dia, dia mulai membuka hatinya kepadanya, dan jatuh cinta. Sepanjang seri, menjadi jelas bahwa di dalam, dia hanya kesepian, sensitif, hangat dan jenis pemuda. Dia juga memiliki teddy, Alfred, satu-satunya yang ia dapat membiarkan penjaga ke bawah untuk, yang digunakan sebagai titik fokus di seluruh seri. Sebagai kembali memasuki sepupunya-gambar setelah dipaksa keluar dari negeri bertahun-tahun sebelumnya, sang pangeran cepat puntung kepala dengan dia, sebagai Lee Yul merupakan pesaing tidak hanya untuk takhta, tetapi untuk mencintai putri mahkota Chae-kyeong's. Chae-kyeong tidak menyadari ini sampai nanti di dalam cerita.

Lee Yul ( 리 율 )

Kim Jeong Hoon memainkan Lee Yul, sepupu Shin. Dia kembali dari tinggal lama di Inggris dengan ibunya, janda dari mantan putra mahkota. Dia adalah kebalikan dari Shin, dia hangat, baik hati, manis, romantis, dan karismatik. Tertarik Chae-kyeong, persahabatan mereka tumbuh untuk mengasihi di sisinya, sementara ia tetap polos menyadarinya sampai lama kemudian. Meskipun posisi Crown Prince awalnya milik dia, diberikan kepada sepupunya ketika ayah Yul meninggal dalam kecelakaan mobil dan ibunya ditemukan telah berselingkuh dengan pamannya, yang dia awalnya cinta, tapi dia memutuskan untuk menikahi saudaranya, ingin anaknya untuk mewarisi gelar putra mahkota. Awalnya tertarik pada takhta itu, Yul memutuskan untuk mengikuti keinginan ibunya dan bersaing dengan Shin untuk tahta setelah jatuh cinta dengan Chae-kyeong. Pada akhirnya, setelah menyadari bahwa Chae-kyeong dan Shin saling mencintai, dan setelah menemukan urusan ibunya dengan Raja, ia melewati atas kesempatan baik menjadi Raja dan memiliki Chae-kyeong sebagai seorang istri.

Min Hyo-rin ( 민효린 )

Digambarkan oleh Song Ji-hyo, Hyo-rin adalah terampil ballerina. Dia cantik, cerdas, berhasil-dasarnya, sempurna dalam setiap cara yang mungkin, tapi dia juga miskin. Pangeran Shin dan instruktur balet dia dibayar untuk uang sekolah di sekolah. Pada awalnya, dia adalah pacar Shin, dan ia mengusulkan padanya. Namun, dia menolak dia, bukan hanya karena dia pikir dia bercanda, tetapi juga karena dia tidak ingin melepaskan impiannya untuk menjadi balerina bintang. Ketika ia melihat Chae-kyeong dan pernikahan Shin dan bagaimana Chae-kyeong dicintai oleh orang-orang (mirip dengan Diana, Princess of Wales), dia menyesalkan keputusan dia buru, dan semuanya dia bisa untuk mengusir Chae-kyeong dari posisinya. Hyo-rin menemukan cara untuk menarik Shin kembali padanya, termasuk sebuah pertemuan "kebetulan" di Thailand, tetapi hanya berakhir dengan menyakiti dirinya sendiri, sehingga mencoba bunuh diri dengan pil. Kemudian, namun dia memutuskan bahwa Shin tidak benar-benar mencintai Chae-kyeong, dan akhirnya ia memberi dia dan memutuskan untuk hanya berkonsentrasi pada balet nya.

4. Heading To The Ground
Genre : Olahraga, Romantis
Episode : 16
Alur : Drama tentang seorang pria mencoba untuk mencapai apa yang dianggap mustahil: memenuhi impiannya menjadi pemain sepak bola hebat. Dia bertemu Kang Hae Bin, seorang agen olahraga yang mencoba untuk hidup jauh dari pengaruh ayahnya yang kaya.
Pemeran :

5. Hero
Genre : Komedi
Episode : 16
Alur :
Hero adalah cerita mengenai reporter Top Korea dan penduduk biasa berjuang melawan kekuasaan elite. Jin Do hyuk adalah seorang reporter pintar dan berbakat yang hidup serampangan dan putus asa saat wanita yang ia cintai meninggal dunia.
Dia kemudian memutuskan untuk memulai hidup baru dengan membantu korban dari kejahatan. Dia menjadi pahlawan modern yang berjuang melawan ketidakadilan.
Joo Jae In adalah supervisor baru di Kantor Polisi Kangsan.
Kang Hae Seong adalah reporter handal dan terhormat dari Daese Ilbo, sebuah koran harian yang besar dan prestisius, dimana ia dipercaya sebagai orang kedua setelah sang pemiliknya.
Pemeran :
Lee Joon Ki sebagai Jin Do Hyuk (28)
Yoon So Yi sebagai Joo Jae In (28)
Uhm Ki Joon sebagai Kang Hae Seong (28)
Baek Yoon Shik sebagai Jo Yong Deok (50)

6. IRIS
Genre : Action, Mystery, Thriller, Romance
Episode : 20
Alur : 
Sistem Keamanan Nasional (NSS) agen 707 Top Hyun-Juni dan Sa-woo adalah darah saudara yang bersumpah untuk saling percaya persahabatan lain dan tidak berubah untuk hidup. Mereka bertemu agen Seung-hee ada dan keduanya jatuh cinta padanya.Tapi Hyun-Juni dan Seung-hee menjadi dekat dan Sa-woo perkelahian untuk menyembunyikan perasaannya untuk Seung-hee. Suatu hari, mereka segera dikirim pada misi ke Hongaria. Ketika mereka berhasil menyelesaikan pekerjaan mereka dengan rapi dan kerja sama tim merayakannya, sebuah pesan tiba untuk Hyun-Juni memintanya untuk bertemu secara rahasia. 
Baek-san, seorang eksekutif dari NSS yang telah menunggu Hyun-Juni pesanan sebuah misi solo.Meskipun perlindungan ketat pengawal, Hyun-Juni berhasil misinya. Tapi sebelum melarikan diri, Hyun-Juni akan terluka oleh pengawal keamanan target nya 'kepala, dan kemudian ia mengejutkan dikhianati oleh temannya yang paling dipercaya, Sa-woo. Hyun-Juni mencoba untuk melarikan diri dengan bantuan Seung-hee, tapi dia akhirnya kehilangan Seung-hee.Dan mobilnya juga meledak, mereka berdua disesatkan dengan berpikir bahwa yang lainnya telah meninggal. Hyun-Juni akan diselamatkan oleh sebuah 'suara' diidentifikasikan dan belajar rahasia identitas kelompok yang disebut, 'Iris'. 
1 tahun kemudian, dengan dua Korea akan segera bersatu, Hyun-Juni membuat kembali. Setelah menghabiskan hidup mimpi buruk dikhianati dan kehilangan segalanya, Hyun-Juni kembali untuk membalas dendam pada mereka yang melemparkan dia ke neraka. Dengan bantuan dari Presiden, Hyun-Juni kembali ke posnya di NSS. Memulai melawan 'Iris', masyarakat rahasia yang mencoba untuk mengganggu reunifikasi, Hyun-Juni sekarang menempatkan segala sesuatu pada baris untuk pertempuran hidupnya.
Pemain :
Lee Byung Hun sebagai Kim Hyun Joon
Kim Tae Hee sebagai Choi Seung Hee 
Jung Joon Ho sebagai Jin Sa Woo

Kim Seung Woo sebagai Park Chul Yung
Kim So Yeon sebagai Kim Sun Hwa 
T.O.P sebagai Vick

Hyun Jyu Ni sebagai Yang Mi Jung
Kim Hye Jin sebagai Yang Jung In
Miyama Karen ebagais Yuri
Yoo Min sebagai Sato Eriko
Kim Young Chul sebagai Baek San 
Yoon Je Moon sebagai Park Sang Hyung
 
Yoon Joo Sang sebagai Oh Hyun Kyu
 
Joo Ni sebagai Yang Mi Jung

Lee Jung Gil sebagai Jo Myung Ho
Jung Han Yong sebagai Jung Hyung Joon 

7. Secret Agent Miss Oh
Genre : Romantis, Komedi
Episode : 16
Alur :
Oh Ha Na adalah seorang polisi rendahan yang tidak memiliki rasa tugas dan percaya bahwa itu adalah layak membengkokkan aturan untuk mencapai tujuan Anda. Dia bertemu dan mulai menyelidiki Go Jin Hyuk, seorang agen intelijen elit, dan mereka langsung bentrokan berdasarkan moral yang berbeda. Awal tidak menyukai mereka masing-masing topeng lain ketertarikan romantis mereka, tetapi perkembangan ini terhalang oleh adanya Choi Eun Seo, cinta pertama Jin Hyuk.
Pemain:
Le su-kyong sebagai Oh ha na
Kim sang-kyung sebagai Ko jin-hyeok
Ryu Hin sebagai Han Do-Hoon
Horan sebagai Choi Eun-Seo

8. Winter Sonata
Cerita dimulai ketika Joon-sang, putra seorang musikus terkenal, pindah ke Chuncheon, kota kecil di Korea Selatan. Sebagai murid berbakat, Joon-sang yang pendiam disukai teman-teman dan para guru. Joon-sang percaya tiada seorangpun yang benar-benar mencintainya karena ia percaya ayahnya sudah meninggal setelah bertengkar dengan ibunya.
Pada suatu hari, Joon-sang bertemu rekan sekelas bernama Yu-jin, dan mereka jatuh cinta. Namun hubungan mereka tidak berlangsung lama. Joon-sang menjadi korban kecelakaan lalu lintas hingga menderita amnesia akibat kerusakan otak.
Ibu Joon-sang ingin mengembalikan rasa hormat sang putra terhadap dirinya. Seorang psikolog dimintanya untuk mencuci ingatan Joon-sang. Semua ingatan Joon-sang ketika dibesarkan sebagai anak tidak sah menjadi terlupakan. Bersama sang ibu, Joon-sang kemudian pindah ke Amerika Serikat. Di sana, Joon-sang memakai identitas baru sebagai Li Min-hyung. Sementara itu kepada semua teman-teman dan guru, Joon-sang dikabarkan meninggal dunia.
Sepuluh tahun berlalu, Joon-sang telah menjadi arsitek pemenang penghargaan di Amerika Serikat. Ia sudah tidak ingat lagi semua pengalaman hidupnya di Korea. Joon-sang telah menjadi orang yang berbeda, seorang berhati terbuka yang peduli terhadap orang lain, termasuk terhadap ibunya. Ia kembali ke Korea dan Yu-jin kebetulan melihatnya di sebuah jalan. Yu-jin sudah menjadi seorang desainer interior. Ia teringat masa-masa indah bersama Joon-sang hingga membatalkan pertunangan dengan Sang-hyuk yang sahabatnya sejak masih kanak-kanak. Yu-jin tidak tahu Joon-sang sudah berpacaran dengan teman sekaligus saingannya, Chelin. Yu-jin mulai bekerja di kantor arsitek tempat Joon-sang juga bekerja, dan ingin tahu apakah Joon-sang masih mengingatnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar